selamat datang di clinic digital kami.kami membantu anda untuk mempermudah pekerjaan anda.

Senin, 23 April 2012

PASIEN PERTAMA: NOKIA 5300 BERMASALAH PADA TAMPILAN ”BLINK PUTIH”


Jumat kemarin 20/4/201, setelah menjenguk keluarga istri yang operasi di Rumah sakit bima di Raba, ada HP Nokia 5300 dititipkan oleh salah satu pelanggan yang kebetulan sama2 membesuk pasien ke istri tercinta. “HPnya nyala tpi tidak tampak gambar atau tulisan apapun” ujar istri berusaha menjelaskan. “Ini namanya BLINK putih” sahut saya dengan bahasa teknisi. Stelah sepakat dengan harga jasa kemudian kami membawanya pulang menuju meja kerja.

Eitttt. Sebelum dikerjakan, mungkin agan2 belum tau apa itu Blink Putih itu? Mari kita mengenal istilah itu. kata blink berasal dari kata BLANK yang artinya kosong. biasanya kosong konotasinya adalah warna hitam. tapi karena kejadian dalam HP ini tampak warna putih maka kata tersebut diplesetkan juga menjadi BLINK. karena kata ini tidak terdapat dalam istilah Bahasa Inggris maka kemudian diberi keterangan tambahan PUTIH. maka istilah tersebut menjadi BLINK PUTIH.
Lalu apa yang terjadi dengan BLINK PUTIH? blink putih di HP biasanya muncul ketika HP dinyalakan/On kan maka yang tampak dilayar adalah hanya warna putih menyala dan kosong, tanpa ada gambar atau teks. keadaan ini terkadang HP tetap mengeluarkan audio dan bisa dioperasikan tapi tanpa bisa melihat teks/gambar (biasanya user ini sudah mahir mengenal tombol2 yang mengeksekusi perangkat HP). tapi terkadang juga gadget tidak bs dioperasikan jika gadget anda telah kronis terkena Blink Putih .
Terus apa penyebabnya? Blink Putih biasanya muncul apabila gadget anda terbentur dengan benda2 keras seperti terjatuh ke lantai, atau mungkin anda menduduki gadget kesayangan anda tersebut, atau mungkin juga anda melempari gadget anda ke muka teman anda saat anda memarahinya.Terkadang juga blink putih tampak dikarenakan anda sering dan dengan keras menggeser sliding gadget anda yang kinclong itu (biasanya blink putih hanya terjadi pada HP yang SLIDE alias HP yang bisa digeser ke atas dan ke bawah). Akibat dari benturan atau pergesern Sliding yang keras tersebut bisa menyebabkan Fleksibel HP anda rusak atau bergeser sehingga konektifitas antara mesin dan layarnya tidak terjadi/tersambung. terputusnya sambungan fleksibel inilah yang menyebabkan layar/LCD HP anda menjadi putih.--kalau dalam komputer namanya VGA nya yang rusak/tidak tersambung----.Jadi saran saya.kepada agan2 yang punya gadget canggih dan rawan rusak supaya dipakaikan alat pengaman alias sarung karet yang biasa cewek2 mulus penjaja aksesoris HP di warung2 seluler kota anda, menyebutnya KONDOM HP.

Agan agan saya anggap sudah paham tentang blink putih tersebut------ Mari menuju Meja Kerja!!!

Pertama tama bukalah casing HP anda. mulai dari belakang alias di tempat batreinya. kemudian cari baut kecil2 yang tempatnya di pinggir pojok gadget anda. Bukalah dengan Obenk anda (mesti pake obeng khusus HP lo, bukan obeng motor anda yg guuuueeeedeee itu). Setelah baut2nya terlepas, lanjut dengan buka casing depannya yang di tempat layar dan keypad. Karena yang ini biasanya tidak pake baut, cukup anda congkel dengan obenk minus atau yang sejenisnya yang agak lancip dan tipis. tapi saya sendiri punya alat istimewa namanya "KUKU JEMPOL TANGAN SENDIRI".. tak usah beli kan? cukup pelihara aja, jangan sampai istri anda memotongnya... hahaha (pengalaman...;) ). Lanjut dari itu bukalah jeroan alias Mesin/mekanik HP anda. kemudian carilah Fleksibel yang bentuknya seperti membran kabel yang panjangnya kira2 5-7 cm. fleksibel sendiri berisikan kabel dan beberapa IC mungil/mikro yang dibungkus dengan membran halus..



setelah itu anda bisa menggantinya dengan fleksibel baru jika fleksibel tersebut rusak. Fleksibel baru bisa anda beli di warung2 bakso aksesoris celuler dengan berbagai jenis dan tipe HP sesuai pasien anda -harganya cukup murah-- Atau mungkin saja anda mencoba memasangnya dengan baik. pengalaman saya, ketika saya coba2 membetulkan posisi fleksibel tersebut dan memasang dengan presisi akhirnya HP 5300 tersebut kembali normal. Jadi tidak perlu membeli di toko yang seller cewe2knya seksi nan pelit itu.
Akhirnya saya bisa pasang kembali HP tersebut. Sembari berdoa,, Binsalabin Abrakadabra huf.. huf.... huwwwwwwww ...NYALA.....!!!!

3 komentar:

  1. kira" berapa ya biaya perbaikannya, mohon dibalas :)

    BalasHapus
  2. gan, lembaran tipis nya itu namanya apa?
    trus kalok obeng nya beli dimana gan.
    Thanks

    BalasHapus
  3. oh iya . harga masing masingnya berapa ya gan.. ty

    BalasHapus